Home > Tips N Trick > Tips Mengatasi masalah pada komputer

Tips Mengatasi masalah pada komputer

Tips Jitu atasi masalah pada komputer

PC Anda tidak mau beraksi sama sekali? Harddisk tidak terdeteksi, drive optik yang terasa lambat, monitor yang tidak optimal tampilannya, atau router yang terlalu sering hang? Jangan panik, cari solusinya di sini!

Sesekali hal ini dapat saja terjadi. Tiba-tiba PC berulah, dan tidak dapat terselesaikan dengan mudah. Meskipun Anda sudah membaca berbagai panduan troubleshooting pada manual yang tersedia. Dan hal ini bisa juga terjadi pada Anda.

Tidak memandang situasi dan kondisi, sebuah sistem dapat berulah. Bisa saja sesaat setelah Anda melakukan update driver. Ataupun setelah melakukan penambahan perangkat tambahan pada sistem Anda. Ataupun terjadi secara tiba-tiba, tanpa peringatan ataupun pemberitahuan sebelumnya.

Dan ulasan kali ini akan membahas hal-hal tersebut di atas. Usah gelisah dan tidak perlu panik menghadapinya.

Duduk tenang, dan ikuti saja pembahasan kali ini. Semoga salah satu di antaranya adalah jawaban dari masalah yang Anda hadapi dengan PC kesayangan Anda.

Terbaru, Tidak Berarti Bebas Bug
Tidak selamanya teknologi terbaru memberikan yang terbaik untuk penggunanya. Bahkan beberapa kali kami menyaksikan sendiri, produk yang mengusung teknologi terbaru, pada batch awal juga disertai dengan perbagai masalah yang cukup memusingkan.

Sebagai contoh, motherboard dengan chipset terbaru. Inilah beberapa kasus yang sering dirasakan para anggota lab PC Media. Perlu diadakan beberapa riset skala kecil, untuk dapat menjalankan serangkaian tes dengan sempurna. Mulai dari sesekali mencari update BIOS, update driver ataupun sekadar manual ter-update dari produk yang bersangkutan.

Contoh lain adalah untuk pengujian video card. Dengan makin tajamnya persaingan ATi Radeon dan nVidia, membuat berbagai produk dengan chipset terbaru, terus berdatangan ke lab kami. Yang akhirnya memerlukan solusi patch software pengujian. Untuk dapat menjalankannya.

Lalu, bagaimana dengan yang terjadi di dalam dunia nyata? Pada penggunaan sehari-hari Anda dengan PC

Langkah Pembukaan
Seperti pada catur, langkah pertama akan sangat menentukan. Begitu juga dalam memecahkan masalah yang terjadi dengan PC Anda.

Pada subbahasan ini, akan berisi tentang langkah terpenting dalam mencoba menyelesaikan masalah dengan PC Anda. Yang terpenting adalah mencoba mengetahui, apa yang menyebabkan PC Anda berulah. Perubahan terakhir apa yang terjadi pada PC?

Hal ini sangat penting untuk diketahui secara pasti. Mengingat, hal ini akan sangat memudahkan penyelesaian yang harus dilakukan. Disesuaikan dengan kemungkinan masalah yang terjadi. Dari sini, memungkinkan untuk mempersempit kemungkinan masalah yang terjadi dengan PC Anda.

01. PC Tidak Bereaksi, Saat Tombol Power Ditekan.
Permasalahan: Anda menekan tombol power untuk mengaktifkan PC Anda, namun PC tidak menunjukkan tandatanda kehidupan. Apa yang terjadi?

Solusi: Jika hal ini terjadi pada PC Anda, ada beberapa kemungkinan yang harus diperiksa satu per satu secara bertahap.

Langkah 1: Periksa semua jaringan listrik, dari outlet AC sampai ke PSU (power supply unit) PC Anda. Apakah sudah terpasang dengan sempurna. Mulai dari memastikan switch PSU dalam posisi ON, ataupun sekiranya Anda menggunakan UPS (uniterruptable power supply) dan/atau stabilizer AVR (automated voltage regulator). Pastikan semua dalam posisi ON dan dalam keadaan berfungsi dengan baik.

Langkah 2: Jika hal tersebut bukan penyebabnya, maka kemungkinan berikutnya baru pada PC Anda. Pastikan semua kabel (terutama kabel power) dan komponen terpasang dengan baik. Caranya dengan mebuka casing, kemudian menekan-nekan kembali komponen dan konektor kabel yang ada. Adakalanya hal ini disebabkan karena konektor yang tidak terhubung dengan sempurna. Perhatikan juga ATX 12V, yang dapat ditemukan pada kebanyakan motherboard empat tahun belakangan ini. Motherboard tidak akan beraksi, tanpa catuan daya dari konektor ini.

Langkah 3: Ini akan cukup merepotkan. Lakukan pengecekan perangkat utama satu persatu. Yang dimaksud adalah CPU dan motherboard. Pastikan keduanya masih berfungsi dengan baik. Sebab katakanlah jika CPU rusak, sistem tidak akan menyala sama sekali. Demikian juga jika motherboard rusak. Terutama untuk urusan catu dayanya (MOSFET, jalur daya pada PCB dan seterusnya). Ini juga akan menyebabkan PC tidak akan bereaksi sama sekali.

02. Fan, Harddisk Terdengar Putarannya, namun Layar Monitor Tetap Gelap.
Permasalahan: PC bereaksi. Terdengar bunyi putaran kipas, dan tanda-tanda kehidupan lain dari harddisk, drive optik dan lain-lain. Namun, monitor tetap gelap.

Solusi: Fiuhh…setidaknya ini sedikit lebih baik dari masalah nomor 1. Untuk masalah ini, sebaiknya mengandalkan tanda yang diberikan POST BIOS. Pastikan speaker casing terpasang baik, sehingga Anda dapat mendengarkan POST berupa kombinasi bunyi beep yang pasti tersedia pada kebanyakan motherboard. Atau pada beberapa motherboard keluaran terbaru, juga tersedia buzzer yang terintegrasi pada motherboard.

Lebih mudah lagi jika motherboard disertai display BIOS POST code berupa dua seven segment LED, yang akan menampilkan kode hexagesimal. Sekiranya Anda tidak tahu arti dari kode tersebut (baik suara ataupun cahaya) atau bahkan kehilangan buku manual, sekali lagi tidak perlu panik. Anda dapat coba membuka situs Bios Central (Bios Central).

Harddisk
Menyimpan berbagai dokumen, lagu-lagu kesayangan format MP3, instalasi game 3D (yang ukurannya hingga satuan gigabyte), beberapa, bahkan mengumpulkan video download berformat DivX, atau master video digital hasil transfer dari handycam. Tidaklah aneh jika harddisk dengan cepat penuh. Menambah harddisk pun, ternyata tidak
terlepas dari beberapa masalah yang mungkin saja timbul.

03. Sistem Tidak Mengenali Harddisk Baru.
Permasalahan: Harddisk baru yang terpasang, tidak terdeteksi baik pada Windows maupun BIOS sekalipun.

Solusi: Intinya memasang dan mengonfigurasikan harddisk dengan benar. Harddisk bukan termasuk komponen yang sulit dalam proses instalasi. Namun, ada beberapa langkah yang harus dipastikan sudah dilakukan, saat memasang harddisk.

Langkah 1: Pastikan harddisk sudah mendapatkan catudaya dari PSU. Kesalahan sepele seperti ini bisa saja terjadi. Mengingat letak harddisk yang biasanya di bagian depan casing. Terkadang Anda menghubungkannya dengan cabang power dari fan, yang tidak mendapatkan pasokan daya dari PSU. Hal ini bisa juga diakibatkan minimnya jumlah konektor daya dari PSU.

Langkah 2: Pastikan setting master dan slave harddisk tepat seperti yang diinginkan. Atau jika Anda ingin memanfaatkan konfigurasi pada cable select, pastikan menggunakan konfigurasi tersebut pada kedua harddisk, lama dan baru Anda.

Langkah 3: Jika Anda menginginkan memanfaatkan konfigurasi cable select, perhatikan pemasangan kabel IDE pada harddisk. Beberapa kabel terbaru, sudah memberikan tanda khusus, untuk membantu menentukan konektor mana yang akan dianggap sebagai master, dan konektor mana yang akan dianggap sebagai slave. Jika tidak tersedia, cara paling mudah adalah dengan aturan dasar berikut. Konektor yang terletak diujung diperuntukkan sebagai master. Sedangkan konektor di tengah, akan dianggap sebagai slave.

Langkah 4: Jika itu semua belum dapat menyelesaikan masalah, maka alternatif jawabannya ada pada setting BIOS. Pada pilihan utama Integrated Peripheral, biasanya terdapat pilihan untuk IDE controller. Di sini juga terdapat pilihan untuk setting controller harddisk SATA. Sekiranya Anda mengalami masalah serupa, saat ingin menambahkan harddisk baru ber-interface SATA. Khusus untuk harddisk SATA dan Windows, jangan lupa untuk menginstalasi driver yang biasanya disertakan oleh produsen motherboard. Atau updatenya, tergantung chipset motherboard yang digunakannya.

04. Harddisk Terdeteksi, namun Tidak Dapat Dioperasikan.
Permasalahan: BIOS mendeteksi keberadaan harddisk. Namun tidak demikian dengan Windows, bahkan DOS.

Solusi: Ini bukan permasalahan besar. Yang perlu dilakukan adalah membuat partisi, dan kemudian memformat harddisk baru tersebut. Karena harddisk yang baru tersebut belum terformat dalam sebuah file system yang dapat dikenali Windows ataupun DOS. Ada beberapa kemungkinan yang dapat dilakukan dengan harddisk baru tersebut.

Kemungkinan 1: Sekiranya Anda menginginkan menginstalasi harddisk baru tersebut dengan operating system Windows 9x, maka diperlukan sedikit pengetahuan dasar tentang perintah FDISK. Untuk yang satu ini, kami sangat menyarankan untuk memanfaatkan perintah yang satu ini dengan didampingi rekan Anda yang sudah berpengalaman.

Kemungkinan 2: Jika Anda ingin menginstalnya dengan Windows 2000/XP ataupun beberapa distro Linux terbaru sekarang ini, Anda tidak usah pusing lagi berhadapan dengan perintah FDISK. Mereka menyediakan pilihan pada saat proses instalasinya. Tinggal mengikuti langkah dan pilihan yang diberikan. Setidaknya akan lebih mudah dibandingkan menggunakan perintah FDISK untuk kebanyakan orang.

Kemungkinan 3: Jika harddisk baru tersebut akan dimanfaatkan sebagai harddisk tambahan untuk penyimpanan data, hal ini akan lebih mudah. Misalnya selama ini Anda sudah menggunakan operating system Windows XP. Dengan mengguna kan user yang memiliki administrator rights Anda dapat melakukan hal berikut ini.

Cukup dengan masuk ke Disk Management. Salah satunya dengan cara klik kanan pada My Computer, pilih Manage.

Perhatikan kolom bagian kiri. Kemudian pada Storage, pilih Disk Management. Dari sini Anda dapat melihat dan mengatur harddisk baru Anda dengan lebih mudah.

Catatan: Berhati-hatilah saat menggunakan fasilitas yang tersedia pada Disk Management. Jangan sampai salah memilih harddisk. Karena data yang di dalam harddisk ataupun partisi dapat hilang. Demikian juga saat menggunakan FDISK ataupun fungsi serupa yang tersedia pada proses instalasi operating system.

05. Instalasi Harddisk Baru Ekstra Besar.
Permasalahan: Harddisk 200 GB tidak terdeteksi baik di BIOS, apalagi Windows. Padahal, langkah pada tip ke 03 dan 04 sudah dijalankan semua.

Solusi: Seiring dengan waktu dan kemajuan teknologi yang ada, maka produk massal harddisk berukuran besar sudah tersedia di pasar. Dengan harga yang terbilang terjangkau. Inti masalah ada pada penggunaan metoda LBA (Logical Block Addressing) yang digunakan. Permasalahan untuk hal di atas, biasanya disebabkan karena harddisk berukuran di atas 137 GB, menggunakan metoda LBA 48 bit.

Untuk itu, yang pertama perlu dilakukan adalah memastikan apakah BIOS yang digunakan, sudah mendukung LBA 48 bit. Sebagai contoh di sini adalah dengan menggunakan 48-bit LBA Test Program untuk Intel Application Accelerator (Intel® Application Accelerator – 48-bit LBA Test Program for Windows* Me/98 SE/98). Cukup dengan menjalankan aplikasi sederhana 48lbachk.exe pada sistem.

Jika ternyata BIOS belum mendukung, maka diperlukan update BIOS. Perhatikan readme yang tersedia pada update BIOS. Pastikan update yang akan digunakan, dapat menyelesaikan masalah kompatibilitas harddisk LBA 48 bit.

Drive Optik
Perangkat yang satu ini mungkin sudah lama dijadikan andalan untuk urusan storage. Berikut mungkin beberapa masalah yang dapat terjadi.

06. Software Burner Tidak Berfungsi pada Drive Optik Baru.
Permasalahan: Misalnya, Anda terpaksa mengucapkan selamat tinggal pada CDRW drive lama. Dan menggantinya dengan sebuah drive burner baru. Namun Anda baru menyadari, bahwa software burner Nero andalan, tidak dapat digunakan dengan drive baru. Mengapa demikian?

Solusi: Pada awal masa jaya CD-RW drive, kebanyakan paket penjualan disertai dengan software burner. Namun, sekarang juga banyak beredar drive optik yang tidak disertai dengan software burner.

Perlu diketahui, lisensi yang diberikan OEM untuk paket penjualan. Dan dikhususkan untuk produk yang dibundle. Dan Nero memiliki proteksi, sehingga hanya dapat dimanfaatkan khusus untuk drive tersebut. Untuk terus memanfaatkannya dengan drive burner baru, cara yang paling minim biaya adalah dengan meng-upgradenya. enggunakan Nero 6 Reloaded Upgrade Downloadable Serial Number (Nero – leading digital media solutions for consumers and professionals – Official website, seharga US$39,99). Ini lebih murah dibanding versi lengkapnya.

07. Kecepatan Write Tidak Secepat yang Dijanjikan.
Permasalahan: Spesifikasi memang tidak menjanjikan 100% sesuai dengan kenyataan yang ada. Namun jika diperlukan waktu write hingga dua kali ataupun lebih waktu yang dijanjikan, tentu ada sesuatu yang salah. Apa penyebabnya?

Solusi: Ini mungkin tidak akan begitu banyak terasa, bahkan untuk CD-RW drive yang tercepat sekalipun. Namun, jika sudah beralih ke DVD burner drive, perbedaannya akan sangat terasa. Bisa-bisa dibutuhkan waktu lebih dari 1 jam untuk menyelesaikan menulis data pada media DVD berkapasitas 4,7 GB.

Yang perlu dipastikan adalah, baik harddisk ataupun drive optik yang digunakan, sudah bekerja pada mode Ultra DMA (Direct Memory Access).

Cara mengeceknya, pada Windows XP dengan memperhatikan Device Manager. Buka pada tree IDE controller. Dan lihat pada tab Advanced Setting. Perhatikan pada bagian Current Transfer Mode. Periksa pada masing-masing IDE controller di mana harddisk maupun drive optic terpasang.

VGA dan Display
Keduanya memang diperuntukkan untuk memanjakan mata penggunanya. Dengan VGA yang lebih bertenaga, Anda akan mendapatkan frame rate yang lebih baik. Sedangkan dengan display yang lebih baik, Anda akan mendapatkan resolusi dan refresh rate yang tidak melelahkan mata. Namun, bukan berarti keduanya bebas dari masalah.

08. Driver Video Card Tidak Terinstalasi dengan Sempurna.
Permasalahan: Kelihatannya proses instalasi driver berjalan sempurna. Namun setelah sistem restart, ada peringatan box error: “cli.exe Application Error. The application failed to initialize properly (0xc0000135). Click OK to terminate the application.” Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Solusi: Beberapa pengguna video card dengan chipset VPU ATi Radeon pernah merasakannya. Apalagi jika pernah mengupdate driver dan aplikasi pendukungnya dengan menggunakan ATi Catalyst. Sebagai informasi, ATi Catalyst yang ditujukan khusus untuk operating system Windows ini, dibuat dengan menggunakan Microsoft .NET Framework SDK.

Operating system perlu ditambahkan dengan instalasi Microsoft .NET Framework. Yang sekarang sudah tersedia adalah untuk versi 1.1.

Ini akan berguna sekiranya Anda juga akan menginstal aplikasi yang dibuat dengan memanfaatkan Microsoft .NET Framework SDK. Untuk mengatasi semua masalah, yang menyebabkan munculnya window pop up serupa.

09. Menghindari Pesan Kesalahan Saat Instalasi Update Driver VGA.
Permasalahan: Bagaimana sebaiknya melakukan update driver VGA. Karena pada beberapa kasus, sering terjadi muncul pesan kesalahan.

Solusi: Memang tidak ada perintah khusus yang disertakan pada file instaler update driver VGA, yang menyarankan untuk melakukan uninstall dari driver lama yang sebelumnya ter-install. Namun, ada baiknya Anda melakukan pembersihan operating system Anda dari driver lama yang pernah ada. Sebelum menginstalasinya dengan update terbaru yang diinginkan.

Untuk para pengguna VGA dengan chipset ATi Radeon, Anda dapat dengan mudah melakukan proses uninstall driver lama, beserta beberapa aplikasi pendukungnya. Karena ATI juga sudah menyertakan ATi CATALYST Uninstaller, yang otomatis disertakan saat proses instalasi driver ATI CATALYST.

Untuk yang lain, perlu trik tersendiri. Cukup banyak alternatif untuk membersihkan driver-driver lama. Anda dapat memanfaatkan Driver Cleaner, yang sekarang sudah tersedia Driver Cleaner 3.3, atau variannya Professional Edition (drivercleaner.net).

10. Memperbaiki Tampilan pada Monitor.
Permasalahan: Anda sudah memilih monitor terbaik. Katakanlah sebuah Monitor TFT-LCD, atau “sekadar” monitor CRT merk terkemuka, yang sering memenangkan review hardware. Namun tampilan yang dihasilkan tidak memuaskan. Apa yang harus dilakukan?
Solusi: Sehebat apapun setiap perangkat, tidak akan optimal tanpa konfigurasi yang optimal. Begitu juga untuk monitor.

Kebanyakan monitor LCD memiliki tombol khusus AUTO (atau sejenis), untuk konfigurasi secara otomatis. Sesuai dengan data yang dikomunikasikan antara monitor dengan video card dengan DDC. Namun kadang tidak sempurna. Kebanyakan gangguan moire masih terasa. Anda dapat menggunakan Monitor Test, dan mencoba mengalibrasikan hingga gangguan moire minim.

Untuk monitor CRT, kebanyakan pada masalah tingkat contrast dan brightness. Contrast akan mengatur kekuatan cahaya monitor. Tapi jika berlebihan akan melelahkan mata. Brightness akan memperterang. Namun jika terlalu tinggi, akan kehilangan black level. Dan pada beberapa kasus juga akan mengganggu tampilan fokus monitor.

Networking
Koneksi Internet DSL memang menawarkan kecepatan yang terbilang memuaskan. Harga penawaran paketnya beragam, dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, masalah pun juga tidak terlepas darinya. Dan bukan hal yang mudah untuk membuat sebuah Internet connection yang bebas dari masalah.

11. Router Hang, dan Perlu Direstart.
Permasalahan: Awalnya, saat instalasi router, hal ini tidak pernah terjadi. Namun belakangan ini, sering kali router hang dan perlu di-restart untuk mendapat koneksi Internet pada PC yang terhubung dengan router.

Solusi: Bahkan dengan konfigurasi terbaik sekalipun, router tetap saja bisa mengalami hang. Biasanya hal ini disebabkan terlalu banyak permintaan koneksi pada waktu yang bersamaan. Dan selama ini, satu-satunya cara mengatasinya adalah dengan restart router (mematikannya dan kemudian menghidupkannya kembali).

Langkah 1: Sekiranya produsen router telah menyediakan update firmware, Anda bisa mencobanya untuk mengupdate firmware untuk memperbaiki proses routing dan mencegah crash pada router.

Langkah 2: Anda dapat melakukan tindakan pencegahan. Hal semacam ini juga bisa disebabkan karena virus, juga spyware yang menyerang PC. Jalankan antivirus dan antispyware yang telah ter-update, untuk mengecek masing-masing PC.

Langkah 3: Perhatikan aplikasi yang terinstal pada tiap PC client router tersebut. Terutama beberapa aplikasi file sharing Peer to Peer (P2P). Aplikasi semacam ini juga dapat menyebabkan hal tersebut. Jika tidak dikonfigurasikan dengan baik, software P2P bisa saja membuka sharring permission-nya, sehingga jika request terlalu banyak otomatis akan membebani kerja router Anda.

12. Koneksi dengan Wi-Fi Kadang Terputus.
Permasalahan: Koneksi network dengan menggunakan Wi-Fi, sesekali terputus secara tiba-tiba. Tanpa sebab yang jelas. Hal ini sesekali terjadi pada notebook Centrino yang sudah dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi.

Solusi: Biasanya ini disebabkan karena power saving mode. Notebook Centrino secara default membuat fungsi ini enable dengan maksud untuk menghemat konsumsi baterai. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi Intel PROSet (jika tersedia).

Atau melalui properties pada device WI-Fi ethernet, pada Network Connections. Kemudian pilih Configure. Pada tab Adcanced, terdapat setting untuk mengoptimalkan konsumsi daya. Ad Hoc Transmit Power, berpengaruh dengan jarak jangkau. Sedangkan Power Management, akan menyesuaikan dengan kondisi baterai, dan waktu idle notebook. Dan secara otomatis akan menurunkan konsumsi listrik dari baterai.

Hal ini, yang kemungkinan menyebabkan koneksi Wi-Fi terputus. Jadi ada dua alternatif yang dapat dilakukan.

Pilihan 1: Setting posisi maksimal untuk kedua fungsi ini. Apalagi jika Anda tidak khawatir dengan kapasitas baterai yang tersisa. Karena tersedia tombol shortcut untuk langsung mematikan fungsi Wi-Fi di kebanyakan notebook Centrino.

Pilihan 2: Sesuaikan dengan gaya penggunaan notebook Anda. Pelajari waktu idle penggunaan notebook. Dan mencobanya sesuai dengan kebiasaan penggunaan sehari-hari. Tentunya Anda tidak ingin koneksi Wi-Fi Anda tiba-tiba terputus karena waktu idle 5 menit telah terlewati. Padahal Anda hanya meninggalkan notebook Anda, untuk sekadar ke WC ataupun membuat secangkir kopi hangat.

Sumber : PC Media

About these ads
Categories: Tips N Trick Tags:
  1. May 21, 2008 at 2:25 pm | #1

    mw nanya ney..
    Pc saya tu klo lg d pke di tengah2nya sering bgt restart mulu,g tw knp tiba2 ng-restart sndiri gt.truz kdang2 ska lma lg nyalanya.
    gmn dunk solusinya?

    • slamet hariyadi
      December 24, 2009 at 1:43 pm | #2

      masalah tu sering banyak terjadi pada PC yang udah lama di pakek,,,,alias jadul ma’af yee,,,,tu gampang banget kok solusisnya.cbs kmu bongkar PC kmu,trus lepas kipas&pendingin yang da di atas proseseor.kemudian angkat proccesor liat cairan gel yang dadi proccesor masih da pa nggak.lo dah habis dtmbah lagi.bagian ats proccesor yang menempel pada pendingin tu butuh gel guna memisahkan plat logam proccesor dengan plat besi pendingin agar tidak mudah panas.klo sudah pasang lagi proccesor pada soketnya.kemudian hidupkan kmputer lalu masuk pada control bios,liat pengontrol suhu yang da di sana,,,,usahakan suhu komputer jangan sampek dia atas 600 derajat.selamat mencoba,,,,Thx

  2. Kodok NgeBlog
    May 22, 2008 at 12:07 am | #3

    hemm itu ngerestartnya karena dimaeinin program yang berat2 or gimn..???
    biasanya di cek atu2 pertama liat dulu heatsing di proseseor kendor ato g dan tuh coba cek dulu di bios liat temperature Suhu klo masih dibawah rata 55-60 C masih normal.

  3. arie
    June 4, 2008 at 8:06 am | #4

    mo tanya ne..
    PC saya tiba2 hang waktu jalankan aplikasi ato prgrm apapun, misal wkt ngetik di office di tengah2nya hang..
    setelah itu saya hidupkan lg,baru masuk jendela windows lgsung hang…setelah dimatikan beberapa saat pc nya bagus lagi tp tetap z jalani aplikasi de tengah2nya hang..

    ketika pc nya hidup dan tidak menjalankan satupun progrm ato aplikasi, malah pc nya tahan lama hidup n normal,pada saat saya jalankan aplikasi lg teptap z hang.
    gmn tu solusinya???
    tlg nya klo bisa via saya jawaban solusi ini..tlg bgt ne…???

  4. June 5, 2008 at 6:45 am | #5

    Sedikit mencoba memecahkan masalah Arie. masalah kayak gini ud berapa lama terjadinya..?? coba di inget2 sebelum terjadi masalah ini pernah g instal software ato ada utak2 atik software di komp mas arie.

  5. arie
    June 7, 2008 at 9:34 am | #6

    mas…PC nya gk ada di utak atik
    tiba2 z hang gt..
    krn hang PCnya aQ install ulang hasilnya sama z…
    anehnya PCnya hang sewaktu menjalankan program…(apapun itu programnya)
    klo tidak menjalankan program apapun,
    PC nya normal
    gmn tu mas???
    tlg ya
    udh aQ tanya2 ma tmn2 kata mereka mainboardnya rusak..
    apa bener mas???

  6. Kodok NgeBlog
    June 9, 2008 at 2:06 am | #7

    ud coba format hddnya ..??
    diformat abis C dan D nya klo ada 2 partisi. Pengalaman sih biasanya lebih cenderung pada HDD ato g di memorinya mungkin yang ada masalah…
    solusinya klo emang g ada data2 yang penting mending dicoba format hddnya dah tuh baru di instal lagi. klo emang masih sering hang di coba format pada level low[ klo aku kemaren pake hirens cd [bisa googling]
    biasana klo ud di format low level hddnya normal kembali..

    • slamet hariyadi
      December 24, 2009 at 1:50 pm | #8

      klo q liat permasalahan kmu yang sering hang saat mengalami install program mungkin tu bisa terjadi da penurunan fungsi pada RAM nya,cz tu RAM tu sendri digunakan sebagai storage sementara sebelum proses selsai di stulah kerja memori di perlukan sebelum dimasukkan pada storge yang permanen yaitu HDD.selain itu juga RAM digunakan untuk memproses data, jadi kesimpulan menginstal program memebutuhkan kemampuan transfer data yang tinggi jadi klo da keruskan pada memori maka permasalahnx sesuia pa yang anda alami sekarang.selamat mencoba,,,,Thx

  7. arie
    June 9, 2008 at 4:46 am | #9

    udh mas,itu semua dah dilakukan kok.hddnya udh di format abis
    tp ya..sama z???
    masalah memory..
    udah pake memory yg laen jg sama…
    ada yang bilang ya Mboard nya???apa iya tu mas???

    tp format pada level low / hirens cd [bisa googling] itu gmn caranya???
    klo ini saya gk tw caranya…!!

  8. June 11, 2008 at 1:44 am | #10

    klo mboard sih kecil banget kemungkinannya.
    iya coba mas arie googling dulu cari cara bagaimana format low hdd. klo g salah sih kemaren kami pake salah satu tools di dalam Hiren’s cd yang isinya berbagai macam tools sesuai dengan merk HDD yang kita punya nah di tools tersebut ntar ada pilihan buat low format hdd.
    lebih jelas mas arie bisa klik disini untuk infonya
    Hiren;s cd biasanya ud bentuk iso jadi tinggal di burn ke cd aja tapi tentunya ya mesti di donlod dulu dari sini juga bisa kok donlodnya . semoga bisa membantu^^

  9. arie
    June 12, 2008 at 6:41 am | #11

    Thnx u bgt mas ya????
    aq coba dl saran mas…moga2 berhasil…
    thx info n saran yg bagus bgt dari mas…
    Ntar boleh tanya2 lg kan mas???
    ^_^

  10. June 13, 2008 at 12:07 am | #12

    yoa….
    kan masih sama² belajar
    klo emang masih bisa kami bantu, ya dibantu sebisanya lah ^^
    maklum dari semua yang kami tau cuma sedikit daripada yang kami tidak mengetahuinya [ ceileh sok pujangga jadinya :p]

  11. mbooy
    September 1, 2008 at 9:46 am | #13

    kak..
    mun mengatasi maslh pda kjiwaan,otak dan gangguan pmikiran ckmno kak??
    wkwkwk^0^

  12. September 4, 2008 at 11:39 pm | #14

    datang saja ke rumah sakit Dr.Ernaldi Bahar kekekekekekeke

  13. mbooy still alone..
    September 11, 2008 at 1:14 pm | #15

    jiakaka^0^
    mudahlah it..dket skolah mbooy..hha..gek ktemu nda pulo d sno..lgi maen..wkwkwk;p

  14. January 14, 2009 at 7:14 pm | #16

    Artikelnya bagus kata-katanya juga menarik mudah di cerna, Trims ya infonya saya tunggu artikel selanjutnya, O..iya Teman saya lagi ikut lomba Speedy Blogging Competition 2008, dimana criteria penilaiannya blog adalah harus banyak pengunjung, posting dan komentar. Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya, hari ini saya sudah posting artikel tolong komentarnya ya dan kalau bisa komentarnya harus berkaitan dengan artikel yang di pilih teman. Ini alamatnya blog saya : http://regedit.blog.telkomspeedy.com/ terima kasih banyak.

  15. boyteguh
    March 4, 2009 at 3:33 am | #17

    mau tanya..kok computer saya sekarang selalu keluar I/O device error tiap ingin mencopy file dari flash disk atau meng enxtract file dari winrar. mohon pencerahaanya

  16. March 11, 2009 at 7:14 pm | #18

    hemm klo waktu kopi data ke flasdisk keluar tulisan I/O error biasanya masalah ada pada port USB….Kebanyakan klo colok USBnya dari depan…( bawaan kesing maksudnya )
    coba colok flasdisknya dari belakang..ke port yang nyatu ma Mboardnya…

    Klo masih cuba di instal ulang driver untuk USbnya…

  17. Zhondher
    March 22, 2009 at 2:25 pm | #19

    HaLo mas, sya mau nanya ni. kompter saya knapa ya kLau bru sya nyalain knapa Lma banget nyaLanya (Loadingnya) kira2 5 mentit bru bsa d maenin. knapa ya mas? gimana cra ngatasinya gitu? tLong ya mas.

  18. Herry
    March 27, 2009 at 4:01 pm | #20

    Mas mau nanya nih Komputerku tidak bisa detek printer,flasdisk ataupun hardisk eksternal pokoknya semua device yang dicolokan melalui port USB tapi komputerku masih bisa sharing/ngelink dengan komputer yang lain dikantorku padahal portnya kan jadi satu.
    Tolong Dong Mas bantuin ya

  19. slamet
    March 29, 2009 at 1:56 am | #21

    Aku kalau muter film lewat dvd kok gak bisa,terus muncul pesan request coul not be complete i/o device error.trimakasih sebelumnya.

  20. kholid nawawi
    May 26, 2009 at 6:56 pm | #22

    mas mau nanya kok laptop ana gak semua flasdisk masuk gmn solusinya?syukron

  21. yusuf
    May 27, 2010 at 8:55 am | #23

    mas bagaimana ya komputer ku semula windowsxp sayainstal windowsvista setelah selesai menginstal komputer saya mati lalu hidup kembali komputer saya di monitor hanya ada gambar welpeper nya saja tidak ada tampilan menu apapun bagai mana yamas?

    • nda
      January 11, 2012 at 11:35 am | #24

      paling spesifikasi hardware kamu kurang mendukung tuk di instal win vista.

      Adapun sistem hardware yang diminta sebelum install sistem operasi Windows Vista yaitu:
      1GB RAM
      20 GB of Hard Drive space
      128 MB Graphics Memory (To enable Aero)
      17 inch Monitor (1024 X 76)
      DVD-ROM
      Above Pentium 4 Processor
      Pixel Shader 2.0 in hardware
      32 bits per pixel

      atau karna lainnya,,

  22. aisnandar
    June 3, 2010 at 1:11 am | #25

    Mas, aku punya masalah, hampir sama dengan permasalahan nomor 04.
    Awal nya aku pake disk management, tapi mungkin salah mencet, and Drive OS berubah dari C jadi D. selanjutnya aku ga bisa akses komputer ku lagi.
    Bahkan saat aku coba re instal windows, jg ga mau karena saat ini drive C nya (system reserve) cuma ada 500MB. Mas punya solusi atas masalah komputer ku ga? kalo bisa tanpa re install windows baru.
    (please kirim lewat email ya)

  23. onny
    July 8, 2010 at 10:59 am | #26

    gimana ni mas, Folder pada document di PC saya ga bisa di rename !?? mohon petunjuk … trims …

    • nda
      January 11, 2012 at 10:42 am | #27

      paling foldernya kena virus jd coba scan dan update terus antivir nya,atau coba kita menggunakan account administrator.

  24. angger
    July 25, 2010 at 5:26 pm | #28

    gw mau nanya nih,,,,
    kalo Pc gw ko misalnya di buat main game ko sering ngelek dan nghang dah?????
    knapa ya bos???
    makasih

    • nda
      January 11, 2012 at 10:32 am | #29

      paling aplikasi gamenya terlalu berat buat pc kmu,kapasitas hardware kamu kurang mendukung aplikasi tsb.tx

  25. sunzzz
    September 10, 2010 at 8:19 pm | #30

    mao nanya ne,waktu buka lagu d laptop kok suarany putus2 y,kayak d tarik2 gt suarany,

  26. Rahmat Hidayat
    November 1, 2010 at 1:34 pm | #31

    mengapa komputer saya kipas prosesor saya muter nya lambat dan tidak mau menyala/menampilkan layar????

    • Rahmat Hidayat
      November 1, 2010 at 1:36 pm | #32

      saya mw nya mas….
      mengapa komputer saya kipas prosesor saya muter nya lambat dan tidak mau menyala/menampilkan layar????
      makasih

  27. July 11, 2011 at 12:17 pm | #33

    Pemasangan jumper pada harddisk, untuk master terletak pada tepi/ pinggir. Sedangkan untuk slave di tengah.

  28. August 6, 2011 at 2:34 pm | #34

    numpang nanya Mas .kenapa LCD pd komputer saya gambarnya menjadi besar dr yg tdk biasanya apakah monitor nya yg rusak atau PCnya yg rusak atau salah pencet saya kurang tau,tolong kasih tau solusinya apa ? tolong dijawab saya takut komputer saya gak bisa seperti semula lagi

  29. Wilda Anwar
    June 17, 2012 at 6:51 pm | #35

    mas knp kompter saya lama banget loadinya? apakh krna virus, padahal saya sudah pake smadav terbaru! kanapa y mas????

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: